Selamat Datang di Konsep Pemenang
--blogspot.com--

Minggu, 05 Mei 2013

Tatkala Dikejar Waktu

Deadline adalah kata yang populer digunakan untuk menyatakan waktu gawat atau waktu akhir yang dipatok sebagai berakhirnya suatu penugasan. Seringkali kita benci pada kata ini. Sebagai manusia, fitrahnya adalah santai-santai yang tanpa kita sadari, ternyata fitrah ini adalah jebakan besar pada kehidupan kita selama ini.

Kata deadline yang banyak ditakuti oleh manusia ternyata memberikan efek yang baik pada kehidupan kita selama ini. Coba bayangkan kalau misalnya kita diberi PR tanpa deadline, kapan kita akan mengerjakan PR tersebut? Kalau misalnya kita berencana membuat suatu buku yang bagus dengan ide-ide besar kita yang sudah tersusun rapi di dalamnya akan tetapi kita tidak menetapkan deadline yang pasti untuk buku tersebut, kapan kita akan menyelesaikan buku tersebut?

Tentu saja susah untuk diprediksi, bukan?

Begitu juga kalau kita diberi tugas untuk menyusun suatu makalah dengan deadline 21 hari. Kalau misalnya kita belum bisa menghargai waktu dan belum bisa memahami makna deadline, mungkin kita akan bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas tersebut dan bisa dipastikan ketika hari H-nya tiba, kita akan kelabakan dan kebingungan, “Kenapa saya selama ini tidak mengerjakan tugas ini?” “Kenapa saya bermalas-malasan selama tenggang waktu yang telah diberikan?” “Kenapa saya bisa gagal merencanakan sesuatu?” Dan ribuan “Kenapa...” yang menandakan bahwa kita menyesal tatkala tidak bisa mematuhi deadline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...